Kartu ATM Hilang? Jangan panik ini solusinya

Image

Bagimana rasanya kehilangan kartu ATM kita? tentunya siapa saja akan panik (apalagi saldonya berjuta-juta) yang level paniknya melebihi ketika akan menghadapi Ujian, sidang skripsi atau saat digerebek polisi (emang lagi ngapain pakai digerebek segala?hehehe). Stop, don’t be panic at the moment.

Berdasarkan pengalamanku, inilah hal-hal yang “harusnya” kita lakukan saat kehilangan Kartu ATM:

  1. Jangan panik, carilah kemungkinan-kemungkinan lokasi dimana kartu tertinggal atau terselip. Mungkin di ATM itu sendiri, di dompet, tas dan sebagainya beri waktu sekitar 1 – 2 jam (jangan lama-lama)
  2. Hubungi Customer Service online Bank bersangkutan (nomor telponnya ada di Buku Tabungan, kalau gak bawa cukup googling aja) minta untuk Memblokir kartu ATM yang hilang tersebut. Ingat minta diblokir kartu ATM saja, ga perlu sampai blokir sms atau internet banking segala
  3. Kalau sempat, transfer semua uang kalau memungkinkan (sisakan seperlunya misal 100rb) ke Rekening Bank kita yang lain melalui sms/internet banking
  4. Saatnya untuk meminta ganti kartu ATM yang hilang
  • Usahakan pagi-pagi (jam 8 -9) datangi kantor kepolisian terdekat dengan lokasi rumah atau kantor (POLSEK) sendiri, jangan mewakilkan atau diwakilkan oleh orang lain, kecuali kita benar-benar berhalangan karena tugas, sakit dsb. Kalau diwakilkan, sebaiknya sertakan juga surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai (ini belum ku coba).
  • Tanya kepada “pak/bu Polisi yang ada di ruang informasi” dengan menyebutkan keperluan yaitu “mengurus surat kehilangan”, kita akan diarahkan ke bagian INTELKAM
  • Jangan lupa membawa fotokopi KTP dan KTP Asli (usahakan E-KTP kalau ada), fotokopi Buku Tabungan (belakang cover BUTAB yang biasanya tertera nama pemilik dan nomor rekening)
  • Proses pembuatan sekitar 5 menit (kalau tidak antri), setelah selesai jangan pernah bertanya “berapa bu/pak?”. Hal ini hanya akan memberi peluang terjadi kolusi dan korupsi. Cukup bilang “terima kasih banyak ya pak/bu” atau ucapan terima kasih dalam bahasa setempat. Aku yakin 99% untuk hal ini, kita tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis
  • Setelah surat Kehilangan kita dapat, jangan lupa membubuhkan tanda tangan kita di surat tersebut
  • Kalau memungkinkan, begitu memperoleh Surat Kehilangan langsung ke Bank yang bersangkutan saat itu juga (jangan menunda-nunda)
  • Ambil antrian CS bukan Teller
  • Kita akan ditanya seputar data pribadi yang kita miliki di bank tersebut seputar nama, Nomor HP dsb
  • Setelah sekitar 5 menit kita akan mendapatkan kartu ATM yang baru (kita bisa minta sama persis misal GOLD, atau ingin diganti menjadi STANDART atau PLATINUM silakan bicarakan dengan CS nya)
  • Kalau masih takut atau ragu, jangan-jangan uang kita sudah dikuras orang lain. Tanyalah kepada CS untuk membuat print-out pada buku tabungan, jika ada transaksi mencurigakan tanyalah dengan detail kepada CS untuk memberikan bantuan langkah-langkah berikutnya
  • Setelah itu kita akan diarahkan ke Teller untuk ambil antrian paling depan, bukan bermaksud menolak tapi kebetulan aku memang gak suka main serobot karena kasihan yang antri. Jadi antrilah di LINE Teller atau ambil kartu antrian teller. Kalau CS nya care, biasanya kita akan dituntun ke Teller sehingga tidak menimbulkan prasangka yang aneh-aneh dari customer lain yang telah mengantri
  • Kita akan diminta memasukkan kode PIN yang baru (2x) melalui mesin yang mirip dengan mesin gesek DEBET di tempat-tempat perbelanjaan
  • Akhirnya, KARTU ATM sudah ada ditangan. Eittsss, jangan langsung digunakan … Tunggulah sekitar minimal 3 jam sebelum menggunakannya

Selamat menikmati ATM yang baru, ingat untuk selalu berhati-hati menggunakan ATM. Kalau artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman, monggo di share atau di “like” yahh. Matur suwun…
BONUS: Bagi yang komen ane doain semoga rejekinya barokah dan lancaaarr aamiin
(presented by mudadistro.com)

117 comments
  1. Piyan said:

    mksh gan info’y🙂

  2. Harga said:

    Duh mayan ribet juga ya.. Kebetulan atm saya baru ilang😦

    • Adiw We said:

      ribet yah? …. sy cm perlu waktu 1 jam untuk ngurus2nya🙂

      • atief said:

        Kalo gak ada buku tabungannya gimana?

      • Adiw We said:

        butabnya ilang jg? berarti ngurus aja skalian… nanti paling dtny2 di bank terkait data pean seperti saldo terakhir, nama ibu kandung dsb. Tapi nomor rekening msh ingat kan?

  3. ukhi fitri said:

    saya abis kemalingan di kostan,dompet dan hp. thx byk infonya gan

  4. yogi said:

    terima kasih banyak artikelnya sangat membantu

  5. aldji said:

    terimakasih🙂

    • Adiw We said:

      kena biaya penggantian 10rb gan

  6. kuro said:

    Barusan ganti atm baru karna hilang.tapi kok gak ganti pin baru ya sama bank nya? Pinnya sama kaya dulu…emang gpp ya?
    Trus gak bisa cek saldo m bca abis ganti atm.apa kudu registrasi mbca baru lagi gan?loginnya bisa.tapi pas cek tulisannya transaksi gagal…..thanks gan.

    • Adiw We said:

      Setahu ane, kalo dulu sama sekali baru pinnya, yang lama adalah internet banking dsb. ga berubah sama sekali…. setiap bank punya kebijakan berbeda-beda gan.

  7. lendra said:

    gan klo atm kita udh lama ilang, trus saat ini kita bru ngurus atau minta atm bru bisa gak gan..???

  8. mau tanya admin , kalau misal kartu atam kita hilang emang bisa gituh di ambil sama orang lain ? Sementara kan koden pinnya enggak tau

    • Adiw We said:

      jaman sekarang apa sih yang gak mungkin gan!!…
      password rumit ane aja(email, paypal, blog) bs djebol apalagi hanya kombinasi 6 angka PIN

  9. enaaw said:

    kan misalnya kita keilangan atm nah ada orang yg transfer kita uang ke atm itu sementara kita udah ganti atm yang baru itu bakal ada duitnya yg baru ditransfer ke atm yg baru gak?

    • Adiw We said:

      nggak gan, kan yang ganti ATM nya bukan Nomor rekeningnya

  10. satrio said:

    Apakah mengurus atm hilang boleh hanya dengan fto copy ktp dan buku tabungannya saja ?

    • Adiw We said:

      kalau bisa KTP asli gan.. tapi dicoba saja mudah2an bisa

  11. daffa said:

    Ngurusny harus dibank yg kita mbuat tabungan atau dibank terdekat(soalny lg jauh sm bank pas mbuat tabungan)mohon dibantu

  12. paw said:

    gan, dompet ane baru ilang, ktp+atm hilang semua
    dan posisi ane didaerah, sedangkan buku tabungan ada di Jkt
    mohon pencerahannya gan gmn ngurusnya

    • Adiw We said:

      langkah menurut ane sih. Agan mending ke Bank tersebut, nanya apa yang seharusnya dilakukan..

  13. Jemmi said:

    Thank you gan!!

  14. febrian said:

    kemarin malem atm ane ilang..ane kira bakal ribet ngurusnya,
    paginya ane baca artikel ini en siangnya langsung ke kantor polisi abis itu ke banknya..
    total waktu ngurus surat kehilangan ampe dapet kartu ATM baru kurang lebih cuma setengah jam gan,,kebetulan lokasinya berdekatan, hehe

    Terima kasih banyak infonya gan sangat bermanfaat :))

    • Adiw We said:

      iyan gan senang rasanya kalo artikel ini bermanfaat🙂

  15. faisal said:

    Gan kalo atm ilang terus ngurus lagi, nomer atmnya tetep ga kayak nomer atm yang hilang, apa ganti nomer yg baru juga ?

    • Adiw We said:

      nomor ATM sepertinya berubah, tapi no.rekening ttp sama (ane lupa ga ngecek nomor atm gan)

      • mau ikut tanya juga bang itu klo no ATM kan brubah tp no rekening kan ttep sama, jadi klo misalkan mau transfr ttep k no rekening yg sama kaya yang ATM hilang itu dong ?
        nah misal atm lama kita ktmu apa saldonya masuk k ATM yg lama jg atau cuma k ATM yg baru dgn no rek yang sama bang ?

      • Adiw We said:

        norek ga ada kaitannya dengan nomor ATM gan

  16. faisal said:

    Dan jika nomer atmnya sama, apa atm yg hilang masih bisa dgunakan ?

  17. Madiey said:

    ATM saya hilangnya sudah lama di pemondokan. Tapi saya yakin tidak ada yang tahu no. Pin ya. Amankah?

    • Adiw We said:

      saya juga pernah berpikiran sama… Karena itulah saya kehilangan beberapa ratus dolar (meski ini ga ada kaitannya dengan ATM sih)

  18. hirmawan said:

    atm ane ilang 4 tahun lalu,dgn saldo kosong..buku masih.apakah msih bisa diurus gan?kira2 biaya brp ?mksih

    • Adiw We said:

      santai gan… kalo menurut ane ke bank nya aja dulu. Bank gak akan mau kehilangan nasabah begitu saja!
      kalo ke bank biasanya Free alias gratis, entah deh kalo dikepolisiannya..hehehe

      • Gan butab n atm ilang. Klau ngirusnya beda daerah waktu pmbukaan rkeningnya itu bisa kn ya gan. Mohon bgtz dblas

  19. Nugraha saputra said:

    Kalau buku tabungannya gak ada juga gimana..??:|

    • Adiw We said:

      buka baru aja gan klo itu mah ATM ga ada, Butab ga ada, saldo juga Nol. nanti pasti dtanya ama bank bersangkutan.. pernah buka rekening sebelumnya? nah disitu coba agan klaim…

      • Gan butab n atm sya ilang d bali tmpt tinggal yg sekarang tapi pembukaanx d bangkalan madura. Apakah bisa ngurus d bali.. kn sya gak mngkin k madura soalnya kerja. Tapi atmnya udah d blokir smnjak ktahuan ilang soalx ada isix bnyak. Apakah bisa ngurus d bali kalau bisa apkah ntar kmbali k saldo awal atau gimna gan? Mohon bntuannya gan

      • Adiw We said:

        Bisa sis… Biasanya sis diminta untuk update domisili yang sekarang.
        Saldo ya tentu saja kondisi sesuai laporan banknya…

  20. Nugraha saputra said:

    Kalau buku tabungannya gak ada gimana..??

  21. Makasih postingan nya bro,, gw udh panik banget nih dompet ilang,, ATM sama KTP ilang smua,, bakalan ribet juga nih ngurus nya ke kantor Polisi -_-

  22. @sesarsubarkah said:

    mantap

  23. fitria said:

    Misi mas mau tanya. Kalo kartu atm hilang apakah bukunya juga di beri yang baru atau tetap yang lama?

  24. Arifin said:

    Waktu membuat surat kehilangan ke polsek,sy mengikuti saran nya dengan tidak bertanya ‘berapa’ tp polisinya langsung yg ngomong,”administrasinya mas” hehe…sy tny brapa? Ktnya seikhlasnya,ya udh sy kasih 10 rebu,jurus nya admin ga ampuh di polsek ini…hahahahahaha

    • Adiw We said:

      hahaha… berarti kalah cepet mas ama petugasnya

      • fhierman said:

        mas atm saya kemaren ilang
        Saldo 62000
        Dn butab dh 2 tahun gk kesentuh sm sekali,,
        Apa bisa ganti ATM baru

      • Adiw We said:

        masih bisa kok… sebelum diurus coba tanyakan ke Bank nya via Telp aja gan

  25. Hery ae said:

    Gan mau nanya ni. Sy lupa pin .sama sekali gak ingat. Atm sy keblokir. Trus kalo saya minta surat kehilangan kepolsek untuk ganti kartu atm baru .bisa g gan. Soalnya mau ke bank wktu pertma kali bikin terlalu jauh. .

    • Adiw We said:

      kalau ke blokir ga sampe harus ngurus surat kehilangan gan. ATM akan di reset dan beres deh

  26. fitria said:

    Makasih agaannn infonya bermanfaat bangetttt. Kartu ATM Ku ilang. Baru ktauan 2hari kmudian.

  27. Mila said:

    Mkasih bang infonya🙂 bermanfaat.

  28. tutik said:

    gan klu waktu kehilangan kartu ATM kan nanti ngrusnya dapet ATM baru lgi,terus uangnya yg di ATM yg hilang itu gmna.

  29. askar said:

    kartu atm saya hilang

  30. dion said:

    Aplikasinya APA ajh yg di bawa klo ATM hilang

  31. siti yunita said:

    Mau tanya kalau atm kita di telen di mesin atm,, apakah saldo kita masih tetap ada walaupn udh d bokir,, bls yh

    • Adiw We said:

      Saldo msh ada sis dan tdk dblokir… Hanya tertelan untuk mencegah pishing. Coba hubungi bank sista

  32. Luthfi said:

    Itu harus ke bank tempat kita buat kartu atm atau bank ditempat lain bisa..?

    • Adiw We said:

      Bisa gan, bank di tempat lain.
      Tapi pastikan bahwa banknya sama yah.. He3

  33. muhammad ivan said:

    gan mau nanya, kalo blokir via call bri bisa ga yah? terus kalo blokir via call bri, biasanya pertanyaan apa aja yang ditanyakan pada costumer? tolong infonya ya gan. thanks..

    • Adiw We said:

      Bisa kok gan dblokir via call bri..
      Paling yg dtanya nama ibu kandung, data2 diri, alamat ktp dsb

    • panji said:

      Gan atm ane baru ilang semalem , ane udh call via cs bank ane , udh tanya solusi cmn yg jd masalah ktp ane pas bikin atm itu beda sama sekarang dikarenakan kena bongkar pemerintah . Apakah bisa cair uang ane dalam 1 hari ? . MOHON INFONYA GAAN !!!!!!!

      • Adiw We said:

        minta blokir dulu aja gan…

  34. Aris said:

    makasih ya bwt infonya🙂

      • anggun said:

        Kartu atm BNi aku pernah ketelen, terus baru di urus beberapa bulan yg laly ke bank. Setelah dpt atm baru kok no rekening aku tdk bisa buat menerima uang alias no rekening ku nggak bisa ke baca, kenapa ya?

      • Adiw We said:

        bererati masih proses Block sis, coba dihubungi BNI Call .. untuk unblock

  35. min… aku sudah punya rekening atm
    trus buku rekeningku atm ku abis semua ilang kena maling
    kmudian masih ada uang ku 380rb dlm rekening itu
    gara2 bingung sampe 3th gk tau ngurusnya didiamin aja.
    masih bisa kah di urus lagi atm buku rekening itu?
    so … uda lama bgt jadi lupa pin,lupa no.rek

    syaratnya apa saja min…. tlg pencerahannya!!!!
    yg ada cuma ktpku doank pun tidak elektrik…

    • Adiw We said:

      bank harusnya bisa mengatasi hal ini gan.. tapi saya pernah mencoba dan B*I menolak kalo tdk ada bukti lbh dr 2 (butab, KTP)

  36. mueltatam said:

    Gan atm ane hilang ni.terus ktp ane dl kan salah huruf di namanya..terus ane mau ganti atm pake ktp ane yg baru yang namanya sesuai dengan ijazah ane syarat nya apa aja ya..??

    • Adiw We said:

      Syarat2 penggantian ATM sama dgn di atas, smntra pake ktp lama aja sis gpp.
      Nanti begitu bank akan ganti ATM serahin aja ktp baru untuk perubahan bio profile nasabah…

  37. lathifa said:

    Sangat bermanfaat. Terimakasih

  38. seyung said:

    Kalau kartu atm ilang, ga akan di salahgunakan kan ?

    • Adiw We said:

      tergantung yang nemu sih mba .. ada yg jahat ada yg baik.

  39. Jaya said:

    Mau nanyak gan , Kan ATM kita atas nama orang tua kita , soalnya ATMnya sudah diwariskan kesaya, dompet saya hilang , semua lenyap , jadi ntar ngurus dikantor kepolisian gimana gan ?
    Apa cuma bawak butabnya doang , apa KTP orang tua saya , terus kalau saya ngurus dibanknya bisa nggak gan ? Soalnya orang tua saya keluar kota gan , apakah saya bisa ngurusnya ke bank bersangkutan , dengan membawa KTP dan buku tabungan orang tua saya dan mengurusnya gan ?

  40. dhiikaa said:

    makasih infonya.. bener2 bermanfaat..

  41. annas said:

    om kartu atm saya dibawa kabur temen pin nya udah diganti pula saya mao blokir tapi masalahnya buku tabungan nya ilang dan nomor rekeningnya lupa-_- gimana nih

    • Adiw We said:

      kalo saran ane sih sekalian bikin abru aja gan … yg lama minta diblokir aja

  42. annas said:

    gan atm saya dipinjem dan dibawa kabur temen dan pin nya sudah diganti gimana solusinya? trus buku tabungannya jga udah gak ada + nomor rekeningnya lupa sama sekali. mohon pencerahannya

    • Adiw We said:

      sebaiknya langsung aja ke Kantor cabang pembuatnya gan… berbekal KTP insya alloh akan di urus oleh pihak BANK

  43. kae said:

    biaya penggantinnya bisa ditarik an lgsung dr uang yg ad di atm g?

  44. iramrizkyn said:

    mas mau tanya nih, kartu atm bni saya kan tertelan, lalu saya datang langsung ke bni alhamdulillah dapet kartu yg baru lagi. tapi apakah nomor rekeningnya sama seperti yg dulu mas?

    • Adiw We said:

      yang pasti sama atuh gan, nomor ATM dan rekening kan emang berbeda

  45. Dhinny said:

    Sore gan mau nanya barusan sepupu saya pinjam atm saya dia blg ad yg mau tranfer dy tpi pake atm saya .prtma sya ngak tanya panjang lebar .srta saya blg sama sepupu saya klo mau krim di di atm ad sisa uang 100rbu ya .dy Gomong yaa lo ka atm nya harus 2jta lo saya kanget ko harus 2jta .Trnya dy Dpat cek palsu dan gobloknya dy gak teliti .Dan mslhnya ya gan atm saya itu Yg sering saya pake klo Trmah gaji ..klo bole nanya itu d blokir atmnya langsung apa bisa d pake lagitpi nmrrek nya gank d ganti ??mksih

    • Adiw We said:

      iya gan bisa kok minta blokir dan gak harus ganti nomor rekening …. VIA customer service atau datang langsung ke masing2 kantor cabang terdekat.

      • udin said:

        ini kn saya barusan kehilangan gmna caranya kn libur sekarang

      • Adiw We said:

        tggu buka aja gan

  46. ulya said:

    Kalo langsung ke bank tanpa ke kantor polisi gimana ? Bisa ga ?

    • Adiw We said:

      setahu saya bisa tapi tetap aja di suruh ke kantor polisi sis

  47. ulyn said:

    Klo KTP juga ilang gmn dan gk ad ft copy an nya..

  48. Nevy said:

    Mau nanya gan kalo bikin surat kehilangannya harus dikantor polisi deket rumah atau bisa dikantor polisi mana saja
    Soalnya ane kerjanya office hour, adanya kantor polisi deket tempat kerja

    • Adiw We said:

      iya bisa dekat tempat kerja setahu saya

  49. Lia said:

    minta blokir pin lewat website nya bisa atau engga kak?? Apa hrs tlpn??

    • Adiw We said:

      sejauh yg saya tahu hanya bisa via phone banking atau datang langsung ke Kantor Cabang terdekat

  50. Rahmi Putri Suparman said:

    Ka minta saran dong krtu atm aku hilang , aku td udh ngecall pihak banknya cuma kan kalo sbtu itu libur jd hrs gmn ?

    • Adiw We said:

      call centre kan ga bpernah libur sis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: