Surat Terbuka untuk SEAGATE Indonesia (You are the best)
Sebelum saya menuliskan surat terbuka, ijinkanlah saya memperkenalkan diri. Saya merupakan seorang PNS dan tidak ada kaitan baik langsung maupun tidak langsung dengan Perusahaan SEAGATE. Sebagai tambahan, saya juga bukan merupakan sesorang yang dibayar oleh SEAGATE untuk menulis surat ini. Surat ini murni sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada SEAGATE (karena saya tidak tahu harus berterima kasih dengan cara apa). Jujur ini merupakan pengalaman pribadi saya berhubungan dengan salah satu produk dari SEAGATE. Monggo di like/share kalau berkenan
Kalau tidak salah ingat, pada Februari tahun 2011 saya membeli sebuah Harddisk Eksternal Portable dengan merk Expansion Drive SEAGATE dengan kapasitas 500GB (0,5 TB). Karena saya sangat memerlukan kapasitas penyimpanan yang cukup besar untuk keperluan backup file-file pekerjaan dan kuliah saya. Waktu itu saya membelinya ONLINE dari salah satu user di situs komunitas ternama di Indonesia (you know what i mean, he3) agan gemsgod, ini lapaknya lapak agan gemsgod (ga bermaksud promo sih)…. he3
Alhamdulillah sejak saat itu sampai Juli 2013 tidak ada masalah berarti dengan harddisk saya. Hingga pada tanggal (sekitar) 10 Agustus 2013, adik ipar saya meminjam hdd ini untuk menonton salah satu film korea. Keanehan terjadi, folder-folder hdd tidak dapat ditampilkan karena masih dalam proses loading yang cukup lama. Seperti kebiasaan yang sudah-sudah saya dengan tidak sabaran mencabut USB Port dari HDD dengan paksa dan kembali memasukkan dalam Laptop. Satu kesalahan fatal yang menyebabkan extensi file saya berubah menjadi RAW (awalnya NTFS) sehingga tidak bisa dibaca oleh windows. Sebagai infromasi tambahan, HDD saya tidak pernah jatuh, terbentur, kena air dan kejadian ekstrem lainnya.. Plaing banter colok cabut USB saja. Lalu kronologi “utak-utik” HDD saya dimulai.
Saya mencoba untuk menyerahkan semua pada google, pada saat itu saya mendapatkan saran untuk menyelamatkan data-data sebelum diformat. Hampir semua berakhir nihil
Setelah itu saya sudah tidak peduli dengan backup HDD tersebut, yang penting HDD saya bisa digunakan kembali
Jalan yang ampuh untuk hal ini adalah FORMAT HDD, dengan terpaksa saya format hdd ini. Akan tetapi, bukannya kembali ke bentuk awal malah semakin memburuk. Entah kenapa Not Responding dalam waktu yang sangata lama selama proses formatting tersebut
Lagi-lagi saya kesal dan mencoba untuk cabbut usb dan format lagi dan lagi
Frustasi, saya mencoba menjadikan sebuah partisi yang baru via “disk manager”, sukses awalnya
HDD bisa saya gunakan untuk copy paste file2 tertentu (tidak semua jenis file), aneh memang tapi saya mencoba untuk bertahan dengan keadaan ini. Akan tetapi lagi-lagi HDD saya tidak dapat digunakan sama sekali
Iseng-iseng saya mencoba mendownload sebuah program resmi milik SEAGATE yaitu seatools (kalau tidak salah). Disitu saya mencoba untuk mengecek “kesehatan” HDD saya. Dan seperti yang saya duga HDD ini “sakit” sehingga “failed” di setiap test yang dilakukan padanya via program ini
Muncul sebuah “warning” untuk mengembalikan HDD ini ke SEAGATE. Saya masih pesimis dan mencoba mengabaikan warning ini
Esok harinya saya mencoba lagi mengecek HDD dengan seatools, dan lagi-lagi muncul sebuah warning atau lebih tepatnya saran untuk mengembalikannya.
Karena merasa sudah pasrah, saya iseng-iseng mengikuti prosedur yang ditawarkan oleh SEAGATE dengan cek warranty atau garansi HDD saya, ternyata setelah di analisis HDD saya bergaransi hingga Feb 2014.
Setelah selesai mengisi formulir, saya disarankan untuk mengirim kembali HDD yang rusak tanpa dus, kabel usb dan pernak-perniknya “Hanya HDD”. Ragu, sumpah …. Terlanjur dikirim rugi ongkir plus asuransi (sekitar 25ribu) nanti jangan-jangan gak bakalan diganti. Tapi yang namanya orang pasrah semua dilakukan. Saat itu sudah ikhlas lahir batin kalau tidak diganti.
Setelah mengirimkannya, sekitar 4 hari saya mendapatkan email dari seagate yang menyatakan detail tentang order saya yang intinya saya tidak perlu mengganti biaya apapun selain biaya kirim alias FREE (GRATIS)
Selang 1 hari (27 Agustus), saya langsung mendapatkan Email bahwa Order saya (HDD replacement) dalam posisi SHIPPING yang kalau tidak salah sudah dikirim ke alamat yang saya cantumkan. Saya masih menyimpan 2 email penting tersebut.
Sekitar selang 2 hari Alhamdulillah ternyata klaim warranty terhadap HDD SEAGATE saya berbuah manis. Paket yang saya tunggu datang dan ketika dibuka, saya kaget bukan main ….
HDD Expansion DRIVE SEAGATE saya yang berkapasitas 500GB diganti dengan jenis dan bentuk yang sama akan tetapi KAPASITAS nya menjadi 1 Terrabyte alias 1000GB.
Senang? Pasti ….. Karena itulah saya menuliskan pengalaman ini kepada semua orang untuk mencoba klaim garansi SEAGATE jika hdd masih dalam masa garansi dan mengalami kerusakan. Kalim mudah dan sangat cepat, intinya MEMUASKAN. Tulisan ini juga merupakan apresiasi yang bisa saya berikan untuk perusahaan SEAGATE yang juga memiliki perwakilan di INDONESIA. Sungguh saya jatuh cinta dengan produk SEAGATE, apalagi ditambah pengalam saya yang telah saya ceritakan di atas. Jangan pernah ragu membeli Harddisk Merk SEAGATE, warranty nya benar-benar ampuh. Biar tidak dikira HOAX, saya menyertakan bukti-bukti email yang saya terima dari seagate dan tentunya HDD SEAGATE 1 TERRABYTE saya.
Thank you so much SEAGATE, Love you
(Untuk kaskuser yang masih menganggap apakah ini klaim garansi Indonesia atau Luar negeri, Ane tambahkan sebuah pic, bahwa saya klaimnya memang ke seagate inernational via Seatools, tapi saya kirim hdd nya ke perwakilan seagate di indonesia..terserah penafsiran kaskuser sekalian)
permisi mas..HDD seagate saya juga rusak dan katanya mesti dibawa ke seagate indonesia untuk perbaikannya (karena sudah sama sekali ngga bisa dibuka sedangkan data saya penting semua disana)
boleh minta bantuan email / cara untuk menghubungi langsung seagate indonesia? @-@
terimakasih sebelumnya…
kalo untuk menyelamatkan data2 sepertinya hal itu mustahil mas/mbak..
hal ini menjadi tanggung jawab si pemilik hdd, kalo memungkinkan coba saja di restore dengan beragam software restore lost data. Tp waktu yang diperlukan untuk hal ini bisa sangat lama..
akan tetapi kalo sampean udah pasrah monggo install aja “seatools” lalu ikutin prsedurnya untuk penggantian..Akan tetapi dengan syarat, masih garansi…
Gud luck
permisi..HDD seagate saya rusak.a sama seperti HDD.a mas tp sewaktu pakai seatools HDD saya tidak terdeteksi..klo boleh tau cara prosedure pengembalian.a seperti apa yah?atau cara ,enghubungi langsung seagate.a bagai mana?
terimakasih
seagate emang the best y gan
mungkin ane beruntung aja gan
mas bro hdd saya kok lama bgt ya terima file..
hdd saya seagaete back up plus..
msh sisa garansi 2 bulan ne??
saya ikt’n toolnya kok mlh mnta download microsfot net y??
mohon dibalas..
kayaknya system pc ente belum terinstall framework net yg dibutuhkan program seatool
nanya dong, agan packagingnya gimana? soalnya kayanya ribet mintanya, suruh bungkus dulu pake ESD bag lalu suruh ngamanin pake foam rubber segala. thanks
nggak tuh gan, ane serahin ke JNE packing kayu gitu.. aman2 aja kok sampe disana jg ga dikomplain macem2.. moga sukses yah
numpang tanya dong mas, kalo masih masa garansi tapi SN yg tertera di hdd udah luntur masih bisa claim garansi gak ya ?
biasanya pake Program/software terdeteksi otomatis kok gan
gaaaaaan, ane lagi praktek kaya agan ni, udah dapet balesan dari seagate yg isinya “Receipt Acknowledgement” yang isinya mirip kaya agan. tanggal 30/01/2015.
tapi emang ga langsung dapet balesannya ya gan untuk tracking numbernya? ane takut ditolak ama seagatenya gan. receipt acknowladgementnya bikin ane seakan2 ane pake barang gak resmi -_____-
masa sh gan.. wkwkw insya Alloh dbales kok
gan mau nanya, kalo hdd mau return langsung kirim aja ke PT UPS Indonesia tersebut apa harus knfrmasi dlu ke PT.UPS?
saya hddnya ditempelin stiker..kira2 nerima ga ya?
waranty masih ada sampe 2016..
ditunggu jawabanya..makasih
iya sis, konfirmasinya dalam bentuk cek online terkait no. seri HDD sista.
Coba install dulu seagate seatools, lalu tggl next next ntar secara otomatis terdeteksi apakah HDD sis itu masih warranty atau tidak
Kak, mau tanya mau konfirmasi ke PT nya gimana ya? Soalnya kan saya uda kirim dan barang uda diterima. Cuma saya cek rma nya kok blm ada tulisan received gituu
sabar sis…. biasanya ada pemberitahuan via email. cb dicek email nya sis
mau tanya mas. setelah mendaftar klaim garansi, HDD langsung kita paketkan seperti biasa? harus pake dus aslinya gak?
Saya dulu ga pake dus asli kyknya karena hilang entah kemana….
oke sip.. makasih mas
Sama2 semoga bermanfaat
gan mau nanya dong, setelah saya ngirim email ke pihak Seagate, katanya untuk recovery data itu ga termasuk sama garansi, padahal garansi saya masih sampe Mei 2020. kira2 gimana ya caranya supaya saya saya ga usah bayar kaya kasus agan gitu
Udah dicek pake program seagatenya gak gan?