Tips Klaim Garansi HP di Service Centre Samsung, Asus, LG dan OPPO
Pernah klaim garansi HP kalian? kalau belum syukurlah dan kalau perlu gak usah ke service centre… Terlalu banyak waktu, energi yang akan kita curahkan di sana. Well, mungkin berikut ini tips-tips untuk klaim garansi di ketiga Merk yang sudah saya sebutkan di atas agar cepat dan mudah.
INI murni pengalaman saya dalam melakukan klaim ke empat merk HP, jadi kalau ada perbedaan cara/hasil/pengalaman lain yang harap maklum yah..
SAMSUNG (Galaxy Tab 2 7 inch)
1. Antri banget, karena pangsa pasar nya udah terlanjur meluas. Maka siapkan extra time untuk hal ini.
2. Ga perlu bawa dus hp, kartu garansi dan sebagainya. Cukup bawa handphone/Tab kalian, karena CS akan otomatis mendeteksi perangkat kita masih garansi atau nggak. Cukup canggih bukan? Tapi untuk jaga-jaga sebaiknya kalian bawa aja kartu garansi dus dsb.
3. HP akan dicek di tempat, berikut pemaparan kerusakan dsb
ASUS (Asus Zenfone 6)
1. Antri banget, mulai merakyat juga nih gadget (ssstt… atau mungkin emang banyak keluhan) yup siapkan extra time juga untuk hal ini
2. ASUS mensyaratkan semua kelengkapan harus di bawa, berikut NOTA PEMBELIAN. Jangan harap dilayani kalau nggak ada NOTA
3. HP akan di scan, resmi atau nggak dan garansi atau nggak nya (lalu kenapa disuruh bawa nota? aneh)
4. Ketika HP kalian kedeteksi bukan garansi resmi asus alias garansi distributor (BCELL, BLESS, platinum dkk) atau garansi Internasional maka klaim kalian akan ditolak secara langsung, meski kalian rela membayar tapi tetap tidak akan di layani. Ohh iya saran nih buat ASUS, kalau memang garansi selain RESMI (TAM, Erajaya dsb) ditolak, lebih baik di pajang noh garansi-garansi yang tidak diterima oleh service centre jadi kasihan yang udah capek-capek antri
5. Langsung biasanya di suruh nunggu dan kebanyakan disuruh ninggal HP nya (wakksssss)
6. Kalian akan dihubungi kapan disuruh ngambil HP nya
LG (LG G2)
1. Sepiiiiiiiiii banget, padahal service centre nya udah digabung ama kulkas, mesin cuci dsb lho. So kapan-kapan tanpa extra time kalian bisa klaim garansi nya
2. LG hanya mensyaratkan kartu garansi (dan stiker garansi) plus nota pembelian (usahakan minta NOTA yang print-print an, bukan tulis tangan karena LG sangat ketat terkait NOTA)
3. HP kalian akan langsung dapat vonis kerusakan dan akan dibuatkan semacam surat pengambilan, voila secepat itu dan kalian tinggal tunggu untuk dihubungi. Kalau spare part tersedia, biasanya dalam waktu 3 hari sudah selesai. Tapi kalu nggak ada yahhh bisa agak lama
OPPO (Oppo F1)
1. So so lah, gak rame gak sepi
2. Siapkan Kartu garansi, dus dan NOTA Pembelian
3. Oppo akan memeriksa kerusakan kurang lebih 1 hari
4. Misalkan kesalahan hardware dan masih dalam jangka waktu 1 bulan ke bawah, HP kamu akan diganti BARU.. iya hanya HP dan Dus, charger dsb tidak ikut diganti baru
5. Lebih enak sekarang karena OPPO memiliki pabrik di Indonesia, jadi lebih tenang terkait purna jualnya
TIPS singkat secara umum untuk klaim garansi
1. Siapkan HP, Dus, Nota dan semua yang menurut kalian perlu. Jika beli Online misal di bukalapak/tokopedia print aja nota pembayaran kalian
2. Siapkan HP lain untuk teman menunggu
3. Sedikit cemilan atau permen juga lumayan
4. Biasanya beberapa CS cenderung enggak ramah, sabar aja yah… kalau perlu nyalakan recorder di HP kalian jaga-jaga kalau misalkan percakapan antara kalian dan CS berakhir kurang menyenangkan. Ini bisa menjadi bukti
5. Sebaiknya sebisa mungkin lakukan RESET atau BACKUP pada hp yang akan di klaim garansi / di service, jaga-jaga aja
Oke sekian tips nya yah, semoga sukses service/klaim garansi HP kesayangan kalian