Lindungi “dunia maya” mu SEKARANG !!!

Pernah mendengar istilah “hacked”? pikiran kita pasti melayang pada kejadian perusakan atau pencurian terhadap sebuah situs atau website yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok orang. Meskipun banyak definisi tentang hacking atau hacked (hi jacked), tapi kali ini saya sepakat untuk menggunakan definisi di atas. Kalau hanya mendengar istilah, berita dan keburukan dari kegiatan yang disebut “hacked” ini hampir semua orang pernah, yang jadi soal pernahkah temans mengalaminya?

Kalau pernah, bisa dikatakan kita senasib sepenanggungan temans (maksa deh). Kalau belum pernah sebaiknya coba luangkan waktu sebentar untuk membaca postingan ini agar kita terhindar dari bahaya hacked yang setiap saat menerror akun, email, google adsense, paypal, blog, situs, facebook, wordpress dan twitter atau bahkan internet banking kita. Jangan menunggu kejadian hack ini temans alami, kata Ahmad Dhani: “rasanya Ngiluuu…”. Mencegah lebih baik daripada meratapi kan?.

Sebelum membeberkan tips-tips mencegah terjadinya hack, saya akan sedikit bercerita mengenai kronologis peretasan (istilah lain Hacking) yang terjadi pada “harta benda” saya yang sungguh tak ternilai.

1. Sekitar bulan Desember 2012 saya menerima pemberitahuan dari akun google yang saya gunakan sebagai akun resmi di Tab saya (Playstore) yang menyatakan bahwa username dan password salah sehingga tidak dapat digunakan untuk mendownload aplikasi. Kesalahan fatal saya saat itu, mendiamkan dan tidak menghiraukannya karena saya berpikir mungkin web sistemnya yang lagi down atau sejenisnya selain itu saya dalam kondisi yang benar-benar lagi down (banyak pekerjaan dan mertua saya meninggal), tak terpikir sedikitpun bahwa akun google saya di hack (adiwtalks@gmail.com dan finalfantasyplanet@gmail.com).

2. Awal Januari 2013 menjadi awal petaka buat saya, ketika saya sudah mulai lagi berakitivitas menggunakan akun-akun saya yaitu google (email, google adsense dan 3 blog kesayangan saya karena salah satunya sudah memiliki PR tinggi dan sudah lumayan terkenal di kalangan gamer Indo maupun Dunia), yahoo (adiwtalks@yahoo.com) , akun Paypal dan akun namecheap (domain hosting). Panik? Bukanlah sifat saya, berusaha tenang karena saya masih punya senajata “recovery”. Yang saya selamatkan terlebih dahulu adalah akun google karena itulah yang paling penting.

3. Saya berhasil recovery password dengan menggunakan “alternative email” (saat itu adiwtalks@yahoo.com yang masih bisa terakses), setelah itu saya memasukkan password yang baru sesuai dengan yang saya kehendaki (begonya, saya kembali menggunakan password yang lama. Kesalahan fatal yang akan saya sesali hingga kini).

4. Setelah recovery akun  google saya pikir semua masalah sudah selesai, ternyata tidak. Di hari yang sama ketika saya akses akun tersebut ternyata tidak bisa. Lagi-lagi saya mencoba fasilitas recovery password lagi dan lagi. Lalu bencana berikutnya datang, email recovery saya (yahoo) tidak dapat diakses. Astaga, email recovery yahoo saya juga menggunakan akun email yang bermasalah tersebut (adiwtalks@gmail.com).

5. Saya pun tak tinggal diam, cobalah saya kontak dengan google berusaha berbagai cara untuk mengembalikan akun saya (dijanjikan dalam waktu sekitar 3×24 jam) dengan prosedur yang cukup berliku-liku hingga membawa-bawa keterangan tentang Credit Card. Selama dalam masa penantian saya mencoba mengakses beberapa akun saya di namecheap, twitter, facebook dan Paypal. Dan seperti saya duga sebelumnya, semua akun tidak dapat diakses karena password yang dimasukkan salah. Sebagai catatan kebodohan saya adalah: meskipun password yang saya miliki merupakan kombinasi huruf dan angka yang cukup “strong”, akan tetapi password tersebut saya gunakan di berbagai akun (semua akun menggunakan password yang sama).

6. Seketika itu juga saya selamatkan satu demi satu akun yang tersisa, saat itu yang bisa diselamatkan hanya akun facebook dan twitter dengan menggunakan fasilitas Phone recovery (I-net banking, akun Travel agent dan wordpress tidak diserang karena menggunakan username dan password yang berbeda). Sedangkan akun di yahoo (banyak sekali alamat email dan YM contact di sana), namecheap dan Paypal lenyap begitu saja tanpa jejak, recovery juga percuma karena saya menggunakan email yang kena hack (hiks..hiks…  my bucks were gone).

7. Masih dalam waktu menunggu dengan cemas pemulihan akun saya di google, ternyata Alhamdulillah nya saya mendapat kabar yang cukup “merontokkan” semangat saya dalam dunia tulis menulis. Akun saya telah dihapus … berikut 3 blog saya yaitu adiwtalks.info, finalfantasyplanet.info dan gamesklopedia.blogspot.com. Saya merasa merana dan nelangsa hingga beberapa saat  (sekitar 2 bulan) untuk memulai semuanya dari Nol, karena ketiga blog sudah saya bangun sejak tahun 2008 (khususnya finalfantasyplanet.info). Tapi saya juga belajar mencoba menerima semua cobaan dengan berpikir positif, mungkin ini teguran dari Alloh agar saya bisa bangkit dan lebih sukses. Dan mulailah saya dengan blog wordpress ini hingga saat ini.

Dari kronologis di atas, mungkin temans sudah bisa menarik kesimpulan bagaimana dan apa yang harus dilakukan untuk mencegah aksi hack atau pencurian terhadap akun-akun penting dalam dunia maya. Berikut kesimpulannya:

  1. Hindari membuat username dan password yang sama (kebanyakan user menggunakan username dan password yang sama untuk semua akunnya karena alasan praktis dan mudah diingat)
  2. Lakukan penggantian password secara periodik
  3. Buatlah sebuah note/file yang berisi password dengan komposisi karakter yang sulit, agar setiap kita log in kita tinggal copy paste
  4. Gunakan recovery email yang benar-benar aman
  5. Gunakan alternatif recovery dengan menggunakan nomor handphone (jangan khawatir, tidak ada charge untuk hal ini)
  6. Lakukan maintenance terhadap akun-akun vital anda dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama dan buatlah backup tulisan atau bahan blog dalam bentuk notes atau word di harddisk/pc
  7. Hilangkan kebiasaan “save/remember password” saat browsing meskipun itu di Dekstop, Laptop atau Handphone kita sendiri
  8. Hati-hati dengan spam/tawaran via email yang menawarkan hadiah bermacam-macam dengan menanyakan alamat, email, bahkan nomor kartu Kredit
  9. Jangan meremehkan atau mendiamkan jika akun tidak dapat diakses, segera mungkin lakukan recovery dengan mengganti password yang lebih aman

Cegah aksi para “pencuri” ini sedini mungkin dan kalau bisa “SEKARANG”. Jangan biarkan kerja keras teman-teman melayang dalam hitungan hari atau bahkan menit. Lindungi blog, FB, Twitter, Inet Banking, Email dan Dunia Maya mu sekarang ………..

4 comments
  1. Milo said:

    saya masih nggak rela kalo orang2 itu menyebut diri mereka hacker. padahal mereka lebih pantes disebut cracker. *OOT*

    • Adiw We said:

      Iya sih Mil, mending kalo msh diingetin.. ini bener2 dirampok dan dihapus sedemikian rupa… jaga blog mu yah, bagus2 itu. Buat back up nya

  2. Thank sudah mampir ke blogku. Cerita kita sama, dihack dan kita yang jadi hilang dari dunia maya. Dan buat saya yang menyesakkan itu penggunaan account paypal untuk transaksi foya-foya. Tidak terpikirkah oleh sang hacker bahwa saya banting tulang untuk mengganti transaksi yang tidak saya lakukan. Kembali ke Atas, Allah maha tahu…. Mungkin ini juga sentilan supaya saya selalu waspada dalam aktivitas dunia maya

    • Adiw We said:

      Iya mbak …. yang sabar dan bersyukur. Ini bs jadi hikmah semua orang…. semangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: