Analisis Cluster

… biasakan mencopy dengan menyertakan sumber/referensi …

Analisis cluster merupakan analisis yang bertujuan untuk mengelompokkan unit penelitian ke dalam beberapa kelompok dimana setiap unit penelitian dalam suatu kelompok akan mempunyai ciri yang relatif sama sedangkan antar kelompok unit pengamatan memiliki sifat yang berbeda (Rencher, 2002). Metode cluster yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Hierarchical Method (Centroid Linkage method)

    Tujuan utama penggunaan metode ini adalah apabila jumlah kelompok yang diinginkan tidak diketahui. Metode ini memulai pengelompokkan pada unit penelitian yang mempunyai kesamaan karakteristik terdekat yang dianalogikan dengan jarak. Proses dilanjutkan dengan unit penelitian lainnya dengan pertimbangan sama seperti proses sebelumnya yaitu unit penelitian yang memiliki kesamaan karakteristik terdekat berikutnya, proses yang sama dilakukan hingga ada tingkatan cukup jelas antar unit penelitian dari yang paling mirip sampai yang paling tidak mirip, sehingga pada akhirnya akan membentuk hanya satu kelompok. Pada pengelompokan Hierarki terdapat beberapa jenis metode antara lain between-groups linkage, within-groups linkage, nearest neighbor, furthest neighbor, centroid linkage clustering, median clustering dan Ward’s method.

  2. Non Hierarchical Method (K-means clustering)

    Menurut MacQueen (1967), metode ini dimulai dengan menentukan jumlah cluster terlebih dahuluyang diinginkan misalkan c cluster. Langkah berikutnya adalah K-Means, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Mempartisi objek menjadi sejumlah c initial cluster, kemudian dihitung nilai rata-rata (centroid) untuk masing-masing kelompok cluster yang ada
  • Memasukkan unit-unit penelitian pada cluster yang memiliki centroid terdekat (dihitung dari jaraknya).
  • Kemudian hitung kembali centroid untuk masing-masing cluster yang mengalami perubahan anggotanya (unit penelitian).
  • Ulangi langkah ke-2 sampai diperoleh cluster yang tidak berubah-ubah lagi atau stabil

Wijaya, Adi. (2010). Analisis Pengelompokan Desa Tertinggal di Kabupaten Kutai Timur Dengan Pendekatan Metode K-Means dan Centroid Linkage (Minkowski Distance Measure). Surabaya: ITS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: