Statistika, Tanya – Jawab (Part V)

Silakan dihirup kopi semangat pagi ini dengan sedikit cemilan yang membuat mata kita bangun dari kemalasan, sedikit pencerahan dan pengetahuan tentang hasil tanya jawab di forum sebelah. Semoga berkenan temans..
Quote:
Originally Posted by cosmic.girl View Post
Halo gan salam kenal.. 
Saya mau tanya kalo hasil uji t dan uji f tidak ada yang berpengaruh (sig > 0,05) pdhl model regresi semua memenuhi uji asumsi klasik. Itu salah dmana ya gan? Apakah boleh klo semua variabel tdk berpengaruh? Trus utk R square nya ane cuma dpt 6%, kecil bgt gan Oh iya, satu lagi. Misalkan ane ingin meneliti pengaruh X1, X2 dan X3 trhadap Y (studi pd perusahaan yg listed di BEI tahun 2008-2010), setau ane kan data dr tahun 2008-2010 digabung smua dan dibuat satu model regresi. Sebenernya boleh ga sih gan klo model regresinya dibuat pertahun? Jadi ada 3 model regresi, utk thn 2008, 2009 dan 2010. Diliat pengaruhnya pertahun gtu. Boleh ga ya?

Mohon pencerahannya gan 

duh turut prihatin dengan hasil pengolahan data agan, intinya boleh tapi yahh penelitiannya jadi aneh. Coba tambah sampel atau ganti variabel, coz lihat R squarenya aja dh dapat dipastiin bahwa variabel2 independennya belum mampu menjelaskan variabel dependennya. 

sebenarnya harusnya emang regresi tuh dilakukan pada data Crosssection, kalau dah ada unsur waktu berarti beda lagi metodologinya (regresi dengan menggunakan data panel – regresi spasial) 

Quote:
Originally Posted by GayusTangkuban View Post
gan cara mengetahui itu WCT berpengaruh negatif ato positif gimana ya gan? soalnya itu nilai regresinya (B) = 0.00

mohon bantuannya ya gan… makasiii 

lha, kan keliatan tuh gan bahwa WCT nya emang ga signifikan alias Ho tidak ditolak (diterima), jadi kesimpulannya WCT tidak mempengaruhi ROE2.
Bahkan kalau agan menggunakan tingkat singinifikansi 5%, semua variabel independen tidak signfikan mempengaruhi variabel dependennya (ROE2).

Quote:
Originally Posted by cosmic.girl View Post
Iya tp klo data panel gabisa pake spss ya gan? Oia mau nanya satu lagi. Kan ane punya data 99. Trus pas lagi analisis regresi ane nemu ternyata ada data yg outlier jadi ane buang tinggal 98. Nah di bagian statistik deskriptifnya perlu diubah ga gan? Sampel tetep 99 atau masukin yg 98? Soale kan baru nemu outlier pas running regresi

Mohon pencerahannya gan
Btw thanks buat agan adiwtalks yg udh jwb pertanyaan ane 

yup sama2, senang bisa membantu.
data panel bisa diolah dengan spss kok, cuma filosofinya rada ribet (sangat ribet kalau digunakan anak di luar jurusan statistika, ini perasaan ane aja lho gan). so, saya tanya dulu … agan jurusan apa yah?
deteksi outlier bisa dilakukan, sebatas hanya mengetahui “outlier” … ga bisa mengatasi apa2 dalam “perilaku data”. kalau membuang outlier, ada metodenya cuma ada informasi yang hilang dari data yang digunakan.

Quote:
Originally Posted by Bang.Baronk View Post
Misi gan
nubie numpang nanya mengenai time series nih
mohon penjelasan mengenai Singular Spectrum Analisys gan dan tujuan dari proses dekomposisi tuh apa?
software yg mendukung untuk metode Singular spectrum analisys?

apapun metode yang digunakan dalam time series analysis semua bergantung pada kondisi data series itu sendiri.. 

Belum tentu misalkan ARIMA biasa cocok digunakan pada data musiman (seasonal). Karena bisa jadi lebih cocok menggunakan SARIMA atau doubel exp..
Agan pake data apa? 

Quote:
Originally Posted by mr.cumixxx View Post
iyah gan jadi untuk mencari signifikansi terhadap variabel independen nya klo engga ane LN sebanyak 2 kali tidak terjadi signifikan.. klo untuk kaya gtu bisa gan? mohon pencerahannya…  

sedikit pengetahuan saja ya gan, Transformasi dilakukan untuk mengatasi tidak terpenuhinya asumsi model: misal normalitas dan stasioneritas.. bukan untuk mengatasi signifikan tidaknya koefisien regresinya.

Gini aja deh, asumsi normalitasnya pada residualnya gimana gan? terpenuhi?
Coba lihat output ujinya … 

Quote:
Originally Posted by masihcopoe View Post
misi agan2…
sy kul di jur mtk, kampus ane blm ad statistikanya. tp mat kul pilihan ane sebagian besar statistika. 2 thn ne ane keterima kerja jd fokusnya terpecah. skrg lg mau nyusun TA, klw statistika yang berkaitan dgn bisnis ad yang punya referensi atau contoh skripsi gak, buat bayangan penyusunannya. klw ad minta tlng link nya ya…
(ane hobi yang berkaitan dgn bisnis, mau digabung dgn statistik gitu. syukur2 klw bisa menjual jg).

Coba deh gan, buka pedoman penulisan skripsi/tesis yang biasanya dikeluarkan oleh Kampus. Takutnya, antar PT formatnya bisa beda-beda.
Sukses… 

Quote:
Originally Posted by the.blacklist View Post
Permisi agan2, nubie numpang nanya nih 
ane lagi bikin skripsi dengan 3 variabel independen, 1 variabel dependen dan 1 variabel moderasi.
yang mau ane tanyain: Gimana bentuk persamaan regresi jika memakai metode MRA dalam 1 persamaan??mohon dijawab ya gan, thanks bget 

MRA dengan var. moderasi biasanya akan melanggar/tidak terpenuhi asumsi multikolinearitas. Hampir tidak ada model MRA yang terbebas dari masalah multikolinearitas, saran saya hilangkan moderasinya. Tapi yah konsultasi dengan pembimbing akan lebih baik lagi 
semoga semakin “cerah”

2 comments
  1. rijal said:

    tulung ya….bagaimana mengolah sidik ragam (ANOVA) suatu data jika saya ingin menganalisa sidik ragam tentang pertambahan asupan makanan pada suatu hewan dengan obat tertentu tapi saya malah memperoleh hasil atau data yang menunjukkan penurunan asupan makanan (negatif)….dan satu lagi,, apakah data bisa diterima jika kita memperoleh F hitung yang minus/negatif (contoh; -1,2345)… terimah kasih sebelumnnya…wassalam..

    • Adiw We said:

      F hitung minus? coba deh lihat distribusi F seperti apa… mungkin gak bernilai negatif?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: