Menjalankan Program MATLAB tanpa Instalasi MATLAB

Dear temans, pernah bekerja dengan MATLAB atau membuat program yang mengharuskan kita menggunakan MATLAB? banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan MATLAB, salah satu fitur yang (menurut ane) banyak disukai adalah GUI (Graphical User Interface), tinggal drag sana drag sini, edit sana edit sini jadi deh sebuah interface yang cukup menarik untuk menerjemahkan syntax kita pada end user (khususnya untuk pemula). Dalam hal ini ane gak akan mengulas tentang cara membuat sebuah interface GUI ataupun syntax MATLABnya lho (mungkin lain waktu kalau ada yang request).

nah, masalah muncul ketika program (GUI) yang sudah kita buat dengan MATLAB tadi dijalankan pada PC lain yang tidak ada program MATLABnya. Biasanya user memaksakan diri untuk instalasi program MATLAB yang nauzubille bueesaaaar filenya plus lama banget proses instalasinya (bisa disambi mandi, ngopi, jalan-jalan dsb .. wups apaan sih).

Nah, ada cara yang lebih hemat, aman (karena open source) dan cepat untuk menjalankan syntax/GUI MATLAB tanpa harus melakukan instalasi MATLAB dengan menggunakan MATLAB Compiler. Ini dia langkah-langkahnya:

1. Pastikan bahwa temans memiliki MATLAB Compiler

2. Jalankan command “mbuild -setup” untuk memilih compilernya

3. Enter “deploytool” untuk membuka “deployment tool” window

4. Buatlah sebuah new project (beri nama sesuai program)

5. Di bawah “build”, klik link “add main file” dan “add files/directory”. Selanjutnya add file-file MATLAB GUI code/syntax temans

6. Klik “build”

Siip, untuk uji coba.. Bawa file-file hasil build pada langkah-langkah di atas ke PC lain yang tidak ada program MATLABnya. Install MCRInstaller.exe, lalu jalankan “nama program temans”.exe. Kalau sukses, program temans siap untuk didistribusikan ke berbagai PC. Langkah-langkah ini sudah ane coba pada program ane tentang peramalan luas panen dan produktivitas padi sawah dengan menggunakan ANFIS based on fungsi transfer dan ANFIS based on ARIMA. Jadi, selamat mencoba …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: