Anda EKSIS, Bisnis anda juga EKSIS

Artikel ini akan menjadikan anda dan usaha anda EKSIS)*, dijamin (bukan hanya janji, tapi bukti)**

Sebelum membaca artikel ini, saya sarankan anda untuk mempersiapkan diri menjadi gila dan narsis. Karena dengan berbekal kegilaan dan kenarsisan, saya jamin anda dan usaha anda makin EKSIS di Internet. Setiap kali anda membantah saran saya, itu berarti anda belum siap untuk EKSIS. Sebaiknya anda tutup deh blog ini sambil menggumam “ogah ah, saya dan bisnis saya gak mau eksis di internet. Cukup duduk manis di toko nungguin konsumen datang”. Ya sudahlah, apa boleh buat itu pilihan anda.

Anda yang masih ngotot melanjutkan untuk membaca artikel ini dan berniat mengikuti saran demi saran yang saya berikan, saya ucapkan SELAMAT anda telah siap menjadi pribadi yang EKSIS dan bisnis anda yang akan ikut-ikutan EKSIS. Apa yang anda korbankan tidak sebanding dengan apa yang anda terima (maksudnya?). Maksud saya, yang anda korbankan hanya waktu dan kesabaran tapi yang anda terima keuntungan yang bahkan jumlahnya tidak pernah anda bayangkan. Dijamin super duper murah sekali, jangan takut dengan stigma “ujung-ujungnya MBAYAR”. Hahaha tenang saja, saya jamin anda tidak akan membayar sedikitpun untuk artikel ini seperti situs-situs jebakan lainnya, TIDAK sama sekali TIDAK. Saya hanya ingin berbagi pengalaman dan ilmu, toh kalau anda sukses saya juga mendapatkan untung. Mungkin bukan materi, tapi naiknya derajat saya di mata Tuhan, aamiin.

Amankan posisi anda sekarang, bahaya sekali jika saingan bisnis anda sampai menemukan artikel ini, B A H A Y A.

EKSIS di Internet bukan hanya konsumsi anak gaul saja, akan tetapi juga diperuntukan bagi anda yang akan, sedang dan telah menjalankan usaha atau bisnis, EKSIS di Internet adalah hal mutlak jika menginginkan bisnis anda meroket dengan omset yang makin kasep. Sekali lagi ingat, ikuti saran saya atau kalau tidak tutup sekarang juga blog ini.

EKSIS-kan Diri Anda

Oke .. pertama, buka newtab masuk ke situs pencarian Google. Sepertinya pada zaman Zuckerberg saat ini tidak ada (kalaupun ada, jumlahnya pasti sedikit) dari pengguna internetyang tidak kenal Google, Youtube, Facebook, Twitter, Yahoo dan kroni-kroninya. Tentu saja termasuk anda yang sedang melototin layar laptop/tablet/handphone/PC untuk membaca artikel ini.

Masih mbangkang? Saya serius …. Sekarang? Iya s.e.k.a.r.a.n.g, jangan tunggu sampai anda melanjutkan membaca paragraf berikutnya.

Setelah tampil situs Google yang sangat sederhana itu, ketikkan nama anda di kotak tengah pada situs tersebut (search box). Ingat NAMA ASLI bukan nama pena, nama tenar atau nama samaran. Dalam bisnis perlu dibangun kepercayaan konsumen, kalau nama anda sudah palsu apalagi produk/jasa yang akan anda tawarkan? pada tahap awal ini saja mungkin anda sudah gagal. Hentikan penyesalan anda, ayo bersama saya EKSIS kan nama ASLI anda di dunia maya. Senyum dulu kawan..

Nama pendek anda dulu, misal: Paijo (nama pendek anda) lalu tekan enter atau klik “Penelusuran Google”. Lihat di jejeran link hasil penelusuran anda halaman pertama atau kedua, adakah satu saja artikel/link yang “benar-benar” memuat Paijo (nama dan wajah anda)?. Kalau ada, wow selamat, anda sudah EKSIS dari sisi personal dan nama pendek ini begitu lekatdengan citra anda. Bagi yang kurang beruntung pada tahap ini, tenang anda tidak sendiri. Sebelum meng-EKSIS-kan diri secara personal, saya memiliki beberapa pertanyaan. Anda punya akun jejaring sosial macam facebook atau twitter? Saya yakin 99% anda pasti memilikinya meskipun mungkin jarang atau tidak pernah digunakan. Kalau belum? Mulai sekarang saya sarankan anda membuatnya, tolong jangan dibantah. Kalau anda ndak mau repot, ini saya kasih link situs kedua jejaring sosial tersebut.

facebook

twitter

Saya anggap anda sudah punya akun facebook atau twitter dan memiliki banyak teman, jika belum, saatnya follow atau add akun yang lain, kenal maupun tidak kenal. Bukankah sama saja di dunia nyata dan maya kita tidak harus mengenal konsumen kita? Teman atau bukan, kenal ataupun tidak kenal toh semua sama saja .. Fokuskan pada tujuan anda yang hanya terdiri atas satu kata yaitu “EKSIS”. Jangan malu di cap “gila” oleh kerabat atau teman-teman kita, label “gila” ini hanya karena apa yang anda lakukan berbeda dari apa yang biasa mereka lakukan.Targetkan teman anda minimal 700 (sama dengan jumlah teman saya), kalau lebih banyak lebih baik. Sebisa mungkin add akun yang merupakan “mutual friend” atau ada tautan dengan akun yang telah menjadi teman kita agar strategi “mulut ke mulut” lebih mudah dilakukan.

Mari lanjutkan ke strategi berikutnya. Seorang pebisnis baik sebagai penjual maupun pembeli, wajib hukumnya sering-sering posting di Forum Jual Beli (FJB) seperti kaskus dan atau situs sejenis, untuk tebar pesona dan membangun citra diri. Apa itu kaskus? Manfaatkan kotak ajaib google.… Pada tahap ini saya anggap bahwa anda sudah mempunyai akun FJB terkenal dan terpercaya di Indonesia tersebut. Berarti apa yang harus anda lakukan saat ini kalau belum punya? Daftar jadi anggota dan lakukan “sesuatu” yang hampir mirip dengan tahap sebelumnya terkait situs jejaring sosial. Bedanya di sini, anda hanya harus sedikit rajin posting atau reply posting (saya sarankan minimal 20 kali), ingat jangan langsung di Forum Jual Belinya. Anda belum punya reputasi sama sekali. Saran saya, buatlah minimal sebuah thread/topik yang anda kuasai misal tentang gosip, humor, mata kuliah tertentu, hobi dsb untuk melambungkan nama anda sebelum terjun ke FJB. Ingat kawan, BOROBUDUR tidak dibangun dalam satu malam. Sudah? Oke terima kasih anda sudah melakukannya. Ini semua demi EKSIStensi, jika anda saja secara pribadi tidak EKSIS, bagaimana nasib produk/jasa yang anda tawarkan?

Sekaranglah saatnya pertempuran dimulai… kali ini anda harus habis-habisan, gila-gilaan dan narsis-narsisan. Jatuhkan gengsi anda, acuhkan cemoohan dan bulatkan keinginan untuk EKSIS.

EKSIS-kan Produk/Jasa Anda

Mungkin tidak sekali dua kali, anda melihat beberapa situs yang memajang barang/jasa dagangannya. Situsnya cantik, luwes, menarik dan sepertinya mengundang orang untuk membeli. Tapi perhatikan dengan cermat harga yang ditawarkan, anda akan berdecak “ck ck ck … mahal juga yah harganya?”. Sayapun juga awalnya heran seperti anda, tapi hal ini sepertinya wajar-wajar saja jika dilihat dari situs yang menjadi etalase produk mereka yang juga terlihat mahal, mewah dan menarik. Lalu, jangan lantas berpikiran “duh sepertinya saya tidak akan bisa melakukan saran author dengan memiliki sebuah situs mahal seperti itu, jangankan situs, blog sederhana saja saya tidak punya”. Anda lupa ya? Kalau tadi saya sudah tegaskan berkali-kali bahwa pengorbanan yang anda lakukan hanyalah waktu dan kesabaran bukan UANG. Lha terus bagaimana kita mengenalkan produk/jasa kita jika situs/blog kita tidak punya? Tidak ada satupun undang-undang yang menyatakan bahwa seorang penjual harus memiliki situs atau blog meski dengan memilikinya bukan ide yang buruk. Sekarang jangan mengeluh sesuatu yang anda tidak bisa jangkau, tapi maksimalkan apa yang anda punya.

Jangan lupa, anda sudah punya akun FB atau twitter dengan jumlah teman yang banyak kan? Mulailah dari sini dengan mengenalkan produk/jasa unggulan anda. Mengenalkan lho, bukan memaksakan. Pelan-pelan lakukan tagupload atau posting produk anda sambil tetap rajinupdate status seperti biasa, jangan memajang produk dan melakukan tag ugal-ugalan, bukannya membuat teman anda senang dan penasaran, malah sebal bukan kepalang pada anda. Ada baiknya dalam melakukan tag produk anda disertasi sebuah kalimat sederhana yang manjur. Misalkan, “jika anda merasa terganggu dengan tag ini, saya ucapkan maaf sebesar-besarnya”, jangan pernah meminta untuk menghapus tag/foto produk anda. Etika tetap diperlukan, tapi malu dan gengsi sama sekali tidak diperlukan di sini.

Sudah? Bagus… Sekarang beralih ke akun anda di salah satu FJB, perlu anda ketahui di sini gudangnya pedagang dan pembeli. Sedikit saja anda membuat konsumen kecewa, bisnis yang anda bangun akan lebih cepat hancur daripada bertahan. Mulailah dengan membuat sebuah thread yang mencerminkan produk yang anda tawarkan, semenarik mungkin dan buatlah konsuen penasaran, penasaran untuk bertanya dan mencoba produk anda. Penasaran sama halnya dengan pemasaran, catat itu.

Sikap hati-hati dalam bertransaksi juga harus tetap di jaga, tawarkan beragam jenis transaksi yang aman, mudah dan cepat untuk meningkatkan kepercayaan konsumen misalkan dengan sistem Cash on Delivery (COD) dan atau menggunakan jasa rekening bersama. Usahakan COD hanya di toko/rumah anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Jika transaksi harus menggunakan jasa ekspedisi, gunakan ekspedisi yang terpercaya. Apalagi produk yang anda tawarkan produk yang rawan rusak seperti barang elektronik, makanan dsb. Hal ini semata-mata untuk menjaga kualitas produk anda di mata konsumen.

Membangun kepercayaan dimulai dari transaksi pertama, jika ada yang memilih transaksi via telpon atau sms layani seramah mungkin dan usahakan membuat konsumen betah bertransaksi dengan anda, sesekali memuji atau berterima kasih pada konsumen tak ada salahnya.

Ketika satu, dua, tiga konsumen puas dengan layanan anda, jangan khawatir … sedikit-demi sedikit produk anda akan dikenal banyak orang dari mulut ke mulut melalui konsumen-konsumen anda. Sebuah desain iklan yang cermat, cepat, efektif dan pastinya gratis.

Begitu saja? Iya hanya begitu saja, lakukan secara berkelanjutan, sabar, jujur dan semangat.Anda EKSIS, Bisnis anda juga EKSIS.

)*EKSIS = ada (exist), populer, diperhatikan oleh semua orang, tampil, Terlihat di muka umum (sumber: Google Terjemahan dan Kitab Gaul)

)**Lampiran Bukti (Artikel ini bukan Omong Kosong):

  1. FJB saya di FFCrystalesia (games)
  2. FJB di kaskus (tiket pesawat dsb)
  3. Blog bisnis (jamtangan)
  4. Situs bisnis (tiket pesawat)
  5. Blog hobi (final fantasy games – pendapatan iklan)
  6. Akun Youtube (promo blog)
  7. Blog pribadi saya (konsultasi statistika dsb)
  8. Akun FB
  9. Akun Twitter

Artikel ini ikut dalam: Blog Writing Competition by AXIS di sini

Perlu kosultasi gratis? hubungi saya di “guest room

Sumber Gambar: Okezone.com dan koleksi pribadi

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: