The taste of International Conference

seminar .. yup seminar
Temans pernah gak ikutan acara yang dinamakan “seminar”.
Apapun deh bentuknya.

Ini pengalaman ane gan mengikuti seminar yang sebenarnya sudah gak up to date lagi kalau di posting di sini.
Nama seminarnya “the International Conference of Mathematics and Sciences”.
Widiiihh dari nama seminarnya kayaknya berat banget nih. Hehehe…

Kagak juga sih, sebagai info saja di kampus ane dulu ITS untuk bisa mengikuti sidang tesis dan wisuda salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah pernah mengikuti seminar dan menjadi presenter (jangan bayangin Indra bekti atau Chocky Sitohang lho ya). Sebenarnya Seminar nasional sudah cukup, tapi berhubung ada seminar international di Surabaya ya udah deh ane dengan terpaksa mengikutinya (itupun dengan paksaan bertubi-tubi dari Mr. H pembimbing ane, credit for him). Seminar ini merupakan seminar yang dikhususkan untuk peminat/pengamat/bang Mamat (ngelantur) dari kalangan akademisi dan umum yang menggeluti bidang matematika dan science (golongan fisika, biologi dsb). Pesertanyapun dari berbagai belahan penjuru dunia..  (out of the record ya temans, pesertanya cuma dari Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam aja xixixixi).

Seminar ini diadakan dari tanggal 12-14 Oktober 2011 di Hotel Majapahit, Surabaya. Ohh iya, karena ane juga kudu bin wajib memberikan materi (presenter), maka sehari sebelumnya kudu prepare semaksimal mungkin (lebih tepatnya, seadanya mungkin). Dengan bekal bahasa inggris yang seadanya dan bekal materi seadanya (lagi-lagi seadanya..hehehe) dan lembur semalaman, akhirnya jadi juga bahan yang akan disampaikan pada seminar tersebut. Sebenarnya gak semalaman juga sih, Tema yang ane ambil juga merupakan pengembangan dari seminar proposal Tesis ane. Perbedaannya adalah kalau pada seminar proposal belum ada hasil, akan tetapi di seminar ini sudah harus ada hasil. (kapan-kapan ane coba jelaskan tentang tesis ane ini).

Presentasi ane berjudul “Adaptive Neuro Fuzzy Inference System for Forecasting Rice Production”. Familiar gak?hehehe.. Kalau temans jurusan Statistika (komputasi) atau Teknologi Informasi, harusnya familiar dengan
tema ini tapi kalau jurusan temans Kedokteran misalnya, mungkin terdengar asing hehehe.

Lanjut ke acara seminar ya temans,
Menuju hotel Majapahit agak ribet juga karena ane,mas Agus, mas Agung dan Novi Andy (temen S2 ane nih) memutuskan untuk naik motor, karena jarak yang gak gitu jauh. Meski sempet muter-muter gak jelas, akhirnya sampe juga (dengan bantuan GPS, i love technology). Seperti biasa acara pertama adalah seremonial pembukaan seminar (dimana-mana sama yah,hehehe). Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Prof. Gophalan Nair (beliau dari Australia, meski asli India) beliau bekerja di School of Mathematics and Statistics, The University of Western Australia, Australia. Dengan materi berjudul “Analysis of Point Patternson the Planean Linear Networks”.

Materi berikutnya disampaikan oleh Prof. Hiroyuki Kitahata yang bekerja di Department of Physics, Graduate School of Science, Chiba University, Japan. Materinya berjudul “SPONTANEOUS MOTION OF A DROPLET COUPLED WITH CHEMICAL REACTION” Familiar gak temans? kalau familiar syukur klo enggak, syukur juga deh berarti ane ada temennya. gak mudeng ane hehehe.

Setelah break, ampuuunn.. jantungan ane nih kudu siap-siap presentasi.
Karena ane lah peserta pertama yang menyampaikan hasil penelitian.
5 minutes later………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
……………………………………………………………
(sengaja dikosongin karena terlalu banyak hal memalukan didalamnya)
Selesai dengan applause maksa dari penonton.

One day later,
Materi dari Prof. Maria Elena de Bellard dari Department of Biology, The California State University Northrige, USA dan dari Prof. Jyh-Chiang Jiang dari Theoretical & Computational Chemistry Lab, Chemical Engineering Department, National Taiwan University of Science and Technology, Taiwan. (ga usah disebutin judulnya ya temans ane gak mudeng, hehehe).
Setelah break dilanjutkan dengan materi oleh peserta lainnya hingga penutupan.
(foto terlampir, takut disangka Hoax..hehehe)

Sebenarnya ada Surabaya Tour sih di hari berikutnya. Tapi karena peserta dibatasi, jadi ane merelakan sajalah buat
rekan-rekan peserta dari negara lain atau kota lain secara ane udah dikit-dikit kenal dengan
Surabaya, The City of Heroes (kota pahlawan, maksa banget yah?).
Alasan lain karena cuaaapppeeekkkk banget.
yahh begitulah rasa dari sebuah seminar internasional temans,
kalo ada seminar seperti ini mending temans ikut deh, gak usah bayangin yang serem-serem yah.
TOEFL ane yang pas-pasan aja bisa, apalagi kalian temans …

ehh iya, kalau sudah ikut seminar macam ini share yahh (ane tunggu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: